160 Penyintas Kebakaran Kapuk Muara Akses Layanan Posko Kesehatan
Sejak Senin (31/7) hingga Rabu (2/8) hari ini, tercatat ada 160 warga penyintas kebakaran di Jalan Kapuk Utara 2, RT 01/03 Kelurahan Kapuk Muara, Penjaringan, yang telah menikamti layanan di Posko Kesehatan yang didirikan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara di lokasi pengungsian.
Kita akan siagakan terus posko sampai status tanggap bencana selesai
Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Utara, Lysbeth Regina Pandjaitan menjelaskan, pihaknya membuka posko kesehatan di lokasi pengungsian dalam rangka mendekatkan layanan kepada para penyintas.
"Tujuannya kita ingin memastikan layanan kesehatan dan kondisi pengungsi terpantau," katanya.
Layanan Adminduk Dibuka di Lokasi Kebakaran Kapuk MuaraDirincinya, pada Senin (31/7) sebanyak 101 warga penyintas memanfaatkan layanan di posko kesehatan. Kemudian pada Selasa (1/8) sebanyak 26 warga dan Rabu (2/8) hingga pukul 13.00 sebanyak 33 warga.
Untuk memastikan layanan kesehatan, jelas Lysbeth, setiap hari jajarannya menyiapkan tiga shift jaga. Setiap shift layanan posko kesehatan dipastikannya ada dokter dan perawat yang berjaga.
Kegiatan posko tersebut melibatkan jajaran dari Suku Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas se-Jakarta Utara secara bergantian. Kemudian, pihaknya juga menyiapkan tim paramedis dan ambulans bila dibutuhkan layanan darurat mengantar pasien ke rumah sakit terdekat.
"Sejauh ini hanya keluhan batuk pilek, nyeri kepala dan gatal-gatal. Kita akan siagakan terus posko sampai status tanggap bencana selesai," tandasnya.